Korelasi Persepsi Siswa pada Kompetensi Guru Terhadap Penguasaan Konsep Matematika

PROSIDING
Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2018
“Peran Matematika dan Pendidikan Matematika dalam Memajukan Kualitas Sumber
Daya Manusia Guna Membangun Bangsa”

ISBN : 978 – 602 – 61009 – 1 – 7

Lomba dan Seminar Matematika (LSM XXVI) HIMATIKA FMIPA UNY

abstrak.png

Korelasi Persepsi Siswa pada Kompetensi Guru Terhadap
Penguasaan Konsep Matematika
Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru

AbstrakTelah dilakukan penelitian pada siswa untuk mengetahui persepsi siswa pada kompetensi pedagogik guru dan kompetensi profesional guru secara bersama sama terhadap penguasaan konsep matematika siswa. Penelitian ini didasari oleh salah satu faktor yang menentukan tingkat keberhasilan anak didik dalam melakukan proses pembelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi serta internalisasi etika dan moral adalah faktor guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan teknik random sampling dari populasi sebanyak 800 siswa di tiga SMA Negeri di kabupaten Tangerang dan dianalisis korelasi dan regresi untuk melihat hubungan antara persepsi siswa pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesionalime guru terhadap penguasaan konsep matematika siswa. Hasil yang diperoleh menunjukkan pengaruh yang signifikan mengenai persepsi siswa pada kompetensi pedagogik dengan hasil analisis menunjukkan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh = 14,666. Secara bersama-sama persepsi siswa pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesionalime guru memberikan kontribusi 25,4 % terhadap penguasaan konsep matematika siswa. persepsi siswa pada kompetensi pedagogik guru melihat melalui perihal guru berkomunikasi dan menggunakan teknologi dalam memberikan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan. Sedangkan, persepsi siswa pada kompetensi profesional guru melihat melalui perihal bagaimana penyampaian konsep matematika yang mudah diterima siswa. Dapat disimpulkan bahwa penguasaan konsep matematika siswa SMA dapat dijelaskan melalui parameter persepsi siswa pada kompetensi guru.

Kata kunci: Kompetensi, Persepsi, Pedagogik, Profesional, Penguasaan konsep

PROSIDING LSM XXVI – MyFile

 

  1. No trackbacks yet.

Leave a comment